September 11, 2008

Penyakit Menular seksual (PMS)


Penyakit Menular seksual (PMS) adalah penyakit yang dapat ditularkan dari seseorang keada orang lain mealui hubungan seksual.Seseorang berisisko tinggi terkena MPS bila melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan baik melalui vagina, oral maupun anal. Bila tidak diobati, penyakit ini dapat berakibat serius bagi kesehatan reproduksi, seperti terjadinya kemandulan, kebutaan pada bayi yang baru lahir bahkan kematian.

Macam-macam penyakit yang tergolong PMS:
- Gonorrhoea, penyakit yang diakibatkan oleh bakteri neisseriagonorrhoea dan dapat menginfeksi anggota tubuh selain organ kelamin, seperti mulut,mata, sendi dan tulang.pada laki-laki terkadang keluar cairan kekuningan pada alat kelamin. Pada perempuan keluar cairan berwarna hijau kekuning-kuningan dari alat kelamin.
- Sifilis, penyakit kelamin yang disebabkan oleh Triponema pallidum yang berbahaya bagi penderita, keturunannya. Penyakit ini biasa disebut penyakit raja singa. Penyakit ini dapat di obati dengan penisilin dosis tinggi, namun kerusakan jaringan yang terjadi selama infeksi tidak dapat disembuhkan.
- Herpes kelamin, kelamin yang disebabkan ole virus, yang di tandai dengan gelembung-gelembung kecil berisi getah bening. Pada perempuan timbul luka pada organ kelaminbagian yang disertai gejala flu seperti sakit kepala dan demam.
- Klamidia, penyakit yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Pada laki-laki biasanya terjadi rasa sakit ketika buang air kecil dan pembengkakan pada testis. Sedangkan pada wanitaterdapat bercak darah diluar masa menstrusi. Penyakit ini dapat menular kepada anak yang dilahirkan oleh penderita, menyebabkan kelahiran prematur, gangguan pernapasan, dan penglihatan pada bayi. Penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik
- Trikomoniasis
- Kandidiasis vagina
- Kutil kelamin

Gejala PMS
- Nyeri saat kencing atau saat berhubungan seksual
- Rasa nyeri pada perut bagian bawah
- Pengeluaran lendir pada vagina
- Keputihan warna putih susu, bergumpal dan disertai rasa gatal dan kemerahan disekitar kemaluan
- Keputihan yang berbusa, kehijauan, berbau busuk dan gatal
- Bintil-bintil berisis cairan
- Lecet pada alat kelamin

Cara menghindari diri dari PMS
- tidak melakukan hubungan seksual
- menghindari hubungan seksual yang berisisko
- selalu menjaga kebersihan alat kelamin

Cara mengobati PMS,
Pengobatan penyakit ini bisa dilakukan dengan cara pergi kedokter. Jangan mengobati sendiri, karena akan mengakibatkan penyakit bertambah parah.

Tidak ada komentar: